Selasa, 30 Mei 2023

Darimana Asal Basreng?

Asal Basreng
Sumber : agrowindo.com

Zaman yang semakin canggih membuat setiap manusi tidak susah-susah untuk mengetahui hal-hal terbaru yang berhubungan dengan makanan. Sering dijumpai di media social berbagai macam istilah atau singkatan-singkatan benda dan makanan seperti ‘Basreng’ yang termasuk salah satu makanan khas kota Kembang.

Kuliner Indonesia memang tidak aka nada habisnya untuk dibahas, setiap kota memiliki makanan khas tersendiri. Mulai dari masakan berat hingga ringan seperti Seblak, Cimol, Cireng, dan masih banyak lagi lainnya. Di kota Bandung atau biasa disebut kota kembang ini kamu akan menemukan pedagang kaki lima di atas hampir berjajar dengan harga yang cukup terjangkau. Salah satu makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia yang berasal dari Kota Bandung adalah Basreng.

Basreng berasal dari bahasa Sunda yang disingkat baso goreng adalah camilan khas Sunda, terbuat dari olahan bakso ikan yang diiris tipis kemudian digoreng. Jajanan ini begitu populer di masyarakat Indonesia, selain cita rasa bakso yang dapati dinikmati ada rasa kriuk, krispi, pedas, dan bikin nagih di lidah.

Bahan pembuatannya tidak jauh berbeda dengan bakso, yaitu tepung tapioka yang dicampur dengan daging sapi, daging ikan atau daging ayam kemudian dipotong tipis-tipis, digoreng, dan diberi rasa atau bumbu dengan berbagai macam varian rasa.

Basreng sendiri berarti bakso goreng meskipun bentuk makanan ini lebih mirip keripik. Padahal, bakso merupakan salah satu produk olahan daging khas Indonesia yang digemari hampir di semua lapisan masyarakat dan memiliki nilai gizi yang tinggi karena mengandung banyak protein hewani. Biasanya bakso disajikan dengan kuah pedas yang berbeda dengan basreng. Salah satu inovasi bentuk bakso adalah dengan cara digoreng dan dibumbui.

Harga basreng sendiri cukup bervariasi, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 50.000 tergantung porsi yang dipesan. Biasanya, basreng dibuat dari daging ikan tenggiri yang diiris tipis kemudian digoreng. Jenis penggorengannya juga ada dua, ada yang digoreng setengah matang sehingga teksturnya kenyal, dan ada yang digoreng kering hingga terlihat seperti keripik.

Setelah digoreng, basreng dicampur dengan bumbu asin pedas. Biasanya basreng disantap hanya sebagai camilan untuk menemani aktivitas atau sekadar bersantai di sore hari. Namun tidak jarang basreng disantap sebagai pendamping makanan berat sebagai pengganti kerupuk. Jika kamu kesulitan menemukan makanan Basreng di kota kamu, kini sudah banyak toko yang menjual Basreng secara online dan bisa mengirimkannya ke kota manapun di Indonesia. Kami juga menyediakan Basreng chiyo natha dengan lima varian rasa yang bisa dinikmati sesuai selera. Namun, ingat, meski basreng rasanya enak, jangan berlebihan. Karena rasa pedas basreng dikhawatirkan mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan sakit tenggorokan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cookies Cocok untuk Diet?